h1

KUALITAS SISTEM INFORMASI, PERCEIVED USEFULNESS, DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA AKHIR SOFTWARE AKUNTANSI

September 3, 2009

Kualitas Sistem Informasi dan Kepuasan Pengguna Akhir
Kualitas sistem merupakan karakteristik dari informasi yang melekat mengenai sistem itu sendiri (DeLone dan McLean (1992). Kualitas sistem juga didefinisikan Davis et al., (1989) dan juga Chin dan Todd (1995) sebagai perceived ease of use yang merupakan seberapa besar teknologi komputer dirasakan relatif mudah untuk dipahami dan digunakan. Perceived usefulness didefinisikan sebagai tingkat dimana seseorang percaya bahwa dengan menggunakan sistem tertentu dapat meningkatkan kinerja (Davis, 1989). Penelitian yang menggunakan variabel usefulness dan ease of use untuk mengukur keberhasilan sistem informasi telah dilakukan oleh Segars dan Grover (1993), Chin dan Todd (1995), serta McHaney dan Cronan (2001). Kualitas informasi merupakan output yang dihasilkan oleh sistem informasi yang digunakan (DeLone dan McLean, 1992). Seddon (1997) menyatakan bahwa kualitas informasi yang dihasilkan oleh sistem informasi, akan berpengaruh terhadap perceived usefulness
Penelitian A dams et al. (1992),hasilnya menunjukkan adanya hubungan positif antara usefulness dan ease of use. Iqbaria, Guimaraes, dan Davis (1995) dalam penelitian mereka dengan menggunakan technology acceptance model (TAM) memperlihatkan adanya pengaruh dari perceived ease of use terhadap perceived usefulness. Hasil pengujian Mao dan Palvia (2006), serta Simon dan Paper (2007), menunjukkan adanya pengaruh dari perceived ease of use terhadap perceived usefulness.
Seddon (1997) melakukan penelitian untuk melihat adanya hubungan antara kualitas informasi dengan perceived usefulness. Hasil penelitian Seddon (1997) mengenai adanya hubungan antara dua variabel ini, didukung oleh hasil penelitian Li (1997) dan Rai et al., (2002). Jika pengguna software akuntansi yakin dengan kualitas sistem yang digunakannya, dan merasakan bahwa menggunakan sistem tersebut tidak sulit, maka mereka akan percaya bahwa penggunaan sistem tersebut akan memberikan manfaat yang lebih besar dan akan meningkatkan kinerja mereka. Jika informasi yang dihasilkan dari software akuntansi yang digunakan semakin akurat, tepat waktu, dan memiliki reliabilitas yang baik, maka akan semakin meningkatkan kepercayaan pemakai sistem tersebut. Peningkatan kepercayaan pemakai sistem informasi, diharapkan akan semakin meningkatkan kinerja mereka.
Berdasarkan uraian di atas penelitian ini menghipotesakan bahwa berdasarkan persepsi pemakai, semakin tinggi kualitas software akuntansi, akan semakin meningkatkan perceived usefulness. Hipotesa kedua yang dibangun adalah semakin tinggi kualitas informasi yang dihasilkan sotware akuntansi yang digunakan, akan semakin meningkatkan perceived usefulness pemakai, dilihat dari persepsi penggunanya.
Kualitas sistem informasi, kualitas informasi, dan kepuasan pengguna sistem informasi.
Ukuran kepuasan pemakai pada sistem komputer dicerminkan oleh kualitas sistem yang dimiliki (Guimaraes, Igbaria, dan Lu 1992; Yoon, Guimaraes, dan O’Neal, 1995). Kepuasan pemakai terhadap suatu sistem informasi adalah bagaimana cara pemakai memandang sistem informasi secara nyata, bukan pada kualitas sistem secara teknik (Guimaraes, Staples, dan McKeen, 2003). Dalam literatur penelitian maupun dalam praktek, kepuasan pengguna seringkali digunakan sebagai ukuran pengganti dari efektivitas sistem informasi (Melone, 1990). Hasil penelitian yang diperoleh DeLone dan McLean (1992), McKiney et al., (2002), Rai et al., (2002), McGill et al., (2003), Almutairi dan Subramanian (2005), serta Livari (2005) menunjukkan bahwa kualitas sistem informasi berpengaruh positif terhadap kepuasan pemakainya.
Semakin tinggi kualitas informasi yang dihasilkan suatu sistem informasi, akan semakin meningkatkan kepuasan pemakai (DeLone dan McLean, 1992). Pendapat ini didukung hasil penelitian Kim dan McHaney (2000), McKiney et al., (2002), Rai et al., (2002), McGill et al., (2003), Almutairi dan Subramanian (2005) serta Livari (2005). Jika pemakai sistem informasi percaya bahwa kualitas sistem dan kualitas informasi yang dihasilkan dari sistem yang digunakan adalah baik, mereka akan merasa puas menggunakan sistem tersebut.
Penelitian ini menghipotesakan dalam hipotesa ketiga bahwa semakin tinggi kualitas software akuntansi yang digunakan, akan meningkatkan kepuasan pemakai menurut persepsi mereka. Untuk hipotesa keempat dalam penelitian ini adalah semakin tinggi kualitas informasi yang dihasilkan oleh software akuntansi yang digunakan akan meningkatkan kepuasan pengguna berdasarkan persepsi mereka.
Perceived Usefulness dan Kepuasan Pengguna Sistem Informasi
DeLone dan McLean (1992), menyatakan bahwa antara dampak penggunaan sistem informasi terhadap kinerja individual dengan tingkat kepuasan pemakai (user satisfaction) memiliki hubungan yang sifatnya timbal balik. Sementara Seddon (1997) dalam modelnya menghipotesakan bahwa dampak dari penggunaan sistem informasi yang berupa meningkatnya kinerja individu, akan mempengaruhi tingkat kepuasan pemakai.
Rai et al., (2002) meneliti hubungan antara perceived usefulness dengan user satisfaction dengan menggunakan tiga model keberhasilan sistem informasi. Ketiga model tersebut adalah model keberhasilan sistem informasi DeLone dan McLean (1992), model Seddon (1997), dan Model Seddon (1997) yang dimodifikasi dengan menambahkan hubungan antara perceived usefulness dengan system use. Hasil penelitiannya secara keseluruhan menunjukkan perceived usefulness berpengaruh terhadap user satisfaction.
Livari (2005), melakukan penelitian mengenai keberhasilan sistem informasi yang baru diterapkan terhadap pengguna sistem informasi di satu organisasi yang bersifat mandatory. Hasil penelitiannya untuk hubungan variable perceived usefulness dengan user satisfaction menunjukkan adanya pengaruh dari kedua variabel tersebut. Jika pengguna sistem informasi merasakan manfaat atas sistem yang digunakan, maka mereka akan merasa puas menggunakan sistem tersebut.
Berdasarkan uraian di atas penelitian ini menghipotesakan bahwa semakin tinggi perceived usefulness, akan semakin meningkatkan kepuasan pengguna software akuntansi, menurut persepsi mereka.

9 comments

  1. mohon jika diperbolehkan saya ingin mendapatkan hasil penelitian ini secara lengkap. Kebetulan saya berminat belajar tentang Quality Assurance of SW


    • sabar ya besok gw upload…


  2. mohon diijinkan mendapatkan jurnal ini selengkapnya, buat referensi skripsi saya. Terimakasih


  3. Selamat malam, saya tertarik tulisan ini, rencana penelitian thesis saya adalah dimensi perceived usefulness, mohon jika diijinkan agar dapat jurnal ini di upload secara lengkap atau di email sehingga bisa menjadi referensi, terima kasih.


  4. mohon diijinkan jurnal selengkapnya di upload ke email saya..terima kasih


  5. met malam MBAK DINA + BANG ALBERT, saya coba telusuri tentang naskah lengkap judul: KUALITAS SISTEM INFORMASI, PERCEIVED USEFULNESS, DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA AKHIR SOFTWARE AKUNTANSI di atas kok belum ketemu yahh.

    Jika Anda berdua sudah dapat, mohon dikabari, please sent by email to: edhy_sst@yahoo.com.

    Thank’s a lots.


  6. Selamat malam, rencana penelitian thesis saya adalah Pengujian model DeLone dan McLean Dalam Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Mahasiswa, mohon apabila diijinkan dapatnya jurnal ini di upload secara lengkap ke email saya. Terima kasih.


  7. Saya sedang menulis tesis tentang delone dan mclean, mohon apabila diijinkan saya memohon jurnal di upload secara lengkap ke emaill saya. terima kasih


  8. mohon dg amat sangat,saya perlu bantuan untuk membuat skripsi tentang kualits sistem menurut delone dan mclean.mohon untuk dikirimkan jurnal yg lengkap ke email saya,,atas bantuannya saya mengucapkan terimakasih



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: